time to share


Tanggung Jawab Kepala Rumah Tangga
April 6, 2011, 8:21 am
Filed under: Uncategorized
www.KristusHidup.com

Wednesday, 06 April 2011

 

Tanggung Jawab
Baca: Kejadian 3:17-19

Dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu (Kejadian 3:17).

     Sungguh mengenaskan nasib Tini, seorang TKW yang baru pulang dari negara tempat di mana ia bekerja selama 3 tahun. Bayangkan saja, ia begitu gigih bekerja siang dan malam di negeri orang, bahkan dengan pekerjaannya tersebut hampir saja kehormatannya diambil saudara majikannya. Namun nyatanya, apa yang ia dapati saat pulang ke kampungnya? Ternyata, sang suami telah pergi bersama dengan wanita lain, dengan membawa semua hasil jerih payahnya selama bekerja di negeri orang. Sungguh, tentu kita sepakat mengatakan bahwa suaminya orang yang tidak tahu diri, sekaligus suami yang tidak bertanggung jawab.

     Dan realitasnya, dalam kehidupan di sekitar kita, sosok “Tini” yang lain juga cukup banyak. Sang istri berjuang mati-matian mencari nafkah, membanting tulang, bahkan harus berhadapan dengan risiko dan bahaya, tetapi rupanya sang suami duduk manis di rumah, menjadi pengangguran, bahkan yang memprihatinkan adalah asyik dengan wanita lain, berfoya dengan kekasih gelapnya, dengan menggunakan uang hasil jerih payah sang istri. Sangat memprihatinkan bukan? Padahal, Tuhan sendiri sudah memberi mandat kepada kita, para orangtua, secara khusus kaum lelaki, sang kepala rumah tangga, untuk memiliki tanggung jawab dengan bekerja keras mencari nafkah bagi keluarga. Ya, secara jelas dan gamblang, setelah manusia jatuh ke dalam dosa, Tuhan berfirman kepada Adam, bahwa ia yang mewakili kaum lelaki, untuk bersusah payah mencari rejeki. Tentu saja usaha mencari rezeki tersebut sebagai wujud tanggung jawab kepada keluarga.

     Sebagai kepala rumah tangga, Tuhan memberikan mandat agar suami bertanggung jawab atas istri dan anak-anaknya. Bentuk tanggung jawab itu adalah memelihara, memberi nafkah, mencukupi semua kebutuhan hidup, dan itu semua hanya bisa dilakukan dengan giat dan tekun bekerja. Pertanyaan yang untuk kita renungkan sekarang adalah, sudahkah kita mengambil tanggung jawab tersebut? Sudahkah kita bersusah payah mencari rezeki untuk menghidupi keluarga kita? —Pdt. David Nugrahaning Widi

 

Seorang kepala rumah tangga yang tidak memiliki tanggungjawab bagi keluarganya adalah orang yang tidak tahu diri. 


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: